5 Manfaat Penting dari Membaca Buku

by - October 22, 2020

[ Image credit: jarmoluk ]
 
Banyak orang yang berkata bahwa “Buku adalah jendela ilmu”, jendela yang akan memberikan kita ilmu untuk bisa melihat dunia. Dengan membaca buku, kita dapat membuka jendela tersebut dan mendapatkan banyak sekali ilmu untuk bisa lebih mengetahui luasnya dunia. Kegiatan membaca ini dapat dilakukan oleh siapa pun, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang-orang yang sudah lanjut usia.
 
Di era digital ini, banyak orang yang lebih memilih untuk berselancar di internet ketika mencari suatu informasi. Bagi mereka, mencari di internet itu jauh lebih mudah, cepat, dan sangat praktis, karena ada banyak sekali informasi yang dapat dimuat di dalam internet dan juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
 
Dengan internet, kita memang bisa mencari informasi dengan lebih mudah, cepat, dan sangat praktis, serta dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tetapi, kelebihan buku dibandingkan internet yaitu buku dapat memberikan ilmu atau informasi yang mungkin saja tidak dapat diberikan oleh internet.
 
Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan bila kita rajin membaca buku. Dengan membaca, kita bisa menjadi lebih fokus dan juga dapat meningkatkan kemampuan otak kita. Selain itu, masih ada lagi beberapa manfaat dari membaca buku yaitu sebagai berikut.
 

1. Menstimulasi Mental dan Mencegah Alzheimer

Penelitian menunjukkan bahwa tetap terstimulasi secara mental dapat memperlambat atau bahkan mencegah penyakit Alzheimer. Penurunan kemampuan mental mudah menyerang orang-orang lansia. Salah satunya adalah Alzheimer yaitu penyakit pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat dan fungsi kognitif pada seseorang. Sampai saat ini belum ada obat penawar bagi penyakit Alzheimer, akan tapi penyakit ini dapat dicegah dengan cara memperbanyak aktifitas membaca.
 

2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Membaca buku sebanyak-banyaknya dapat memperluas pengetahuan dan mendatangkan banyak pembelajaran baru dalam hidup seseorang. Semakin banyak kita membaca, maka akan semakin banyak pula pengetahuan baru yang bisa kita dapatkan. Segala sesuatu yang kita baca akan mengisi otak kita dengan informasi dan pembelajaran baru. Selain itu, membiasakan diri untuk membaca sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan otak.
 
Semakin banyak yang kamu baca, maka semakin banyak hal yang kamu ketahui. Semakin banyak yang kamu pelajari, maka semakin banyak tempat yang akan kamu kunjungi.
– Dr. Seuss
 

3. Memperbanyak Kosakata

Aktifitas membaca juga dapat memperbanyak jumlah kosakata dalam otak kita. Semakin banyak kita membaca, maka akan semakin banyak pula kosakata baru yang kita temukan dan hal itu akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari termasuk karir kita. Banyak membaca buku bisa mempelajari bahasa baru dan kita juga bisa meningkatkan kemampuan berbicara.
 

4. Mengurangi Tingkat Stress

Stres dapat menghampiri kapan saja dan dimana saja. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab datangnya stres, mulai dari tekanan pekerjaan, lalu lintas yang macet, masalah keluarga, atau bahkan hal-hal kecil yang menjadi penyebab lain dari datangnya stres. Meluangkan waktu sekitar 6 menit untuk membaca, level stres dapat berkurang hingga 68%. Hal ini dikarenakan segala imajinasi yang muncul ketika membaca buku mampu mengajak pembaca untuk melupakan sejenak stres yang sedang dialami.
 
Books make great gifts because they have whole worlds inside of them.
– Neil Gaiman
 

5. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Tidak hanya tubuh manusia yang butuh olahraga, otak manusia juga membutuhkan olahraga untuk mempertahankan fungsi dan kemampuannya. Salah satu cara untuk membuat otak berolahraga yaitu dengan membaca buku. Membaca buku mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang. Dengan rajin membaca buku, otak kita akan terbiasa mengolah pikiran, memori, dan konsentrasi, serta fokus terhadap suatu hal selama beberapa waktu.
 

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat-manfaat penting yang bisa kita dapatkan bila kita rajin membaca buku, salah satu manfaat bagi diriku sendiri yaitu hiburan gratis. Karena membaca buku merupakan suatu hiburan tersendiri untuk diriku. Aku merasa terhibur dengan setiap bacaan yang terdapat di dalam buku. Dengan begitu, aku bisa terhindar dari kebiasaan scrolling instagram.
 
 

Referensi:

2 Komentar

  1. membaca buku melatih otak mu untuk berpikir keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membaca buku akan menambah isi otak mu untuk menjadi manusia yang lebih berkualitas hehe

      Delete