5 Alasan Saya Suka Membaca Buku

by - February 24, 2021

[ Image credit: Blaz Photo ]
 
Pada Februari 2019, pertama kali saya membeli buku di toko buku Gramedia. Keinginan saya untuk membeli buku pada saat itu dikarenakan saya sering merasa bosan di rumah–meskipun saya punya smartphone dan bisa mengakses internet juga.
 
Saat itu, buku yang saya beli adalah buku berjudul Lo Ngerti Siapa Gue karya Sophia Mega. Buku tersebut menjelaskan bahwa kita tidak perlu terlalu muluk-muluk untuk menjadi selebgram agar bisa mendapatkan keuntungan dari media sosial. Sebuah buku yang mengajarkan pada saya bagaimana cara memaknai media sosial dengan benar.
 
Semenjak saat itu, saya menjadi seseorang yang suka membaca buku sampai sekarang. Sudah ada beberapa buku yang sudah saya baca dan buku-buku yang saya baca ber-genre self-improvement. Ada beberapa alasan yang membuat saya suka membaca buku, dan berikut ini adalah beberapa alasan saya suka membaca buku.
 

1. Menghindar dari Efek Buruk Gadget

Di era digital ini, saya seringkali boros kuota hanya untuk explore media sosial dan sering menghabiskan waktu untuk bermain game. Seringkali mata saya terasa sakit usai melepaskan pandangan dari layar smartphone. Dengan membaca buku, maka perhatian saya akan teralihkan dari gadget dan terfokus pada buku yang saya baca.
 

2. Mendapat Begitu Banyak Manfaat

Salah satu alasan kenapa saya suka membaca buku, karena saya merasakan bahwa ada banyak sekali manfaat yang saya dapatkan setelah selesai membaca buku. Ini bukan hanya sekadar opini, tetapi saya membuktikannya sendiri bahwa ada banyak manfaat dari membaca buku.
 

3. Merasa Terhibur dan Menyenangkan

Sama seperti saat saya bermain game di smartphone, kegiatan membaca buku sudah menjadi hiburan tersendiri bagi saya. Karena membaca buku terasa sangat menyenangkan bagi saya, sehingga dengan membaca buku saya bisa menghilangkan perasaan sedih.
 
Siapa pun yang terhibur dengan buku-buku, maka kebahagiaan tidak akan pernah sirna dari dirinya.
– Ali bin Abi Thalib
 

4. Mendapat Berbagai Inspirasi

Biasanya, seorang penulis (author) akan memasukkan kisah hidup seseorang ataupun pengalaman pribadi mereka ke dalam buku yang mereka tulis. Di beberapa buku yang sudah saya baca, terdapat kisah-kisah menarik dari penulis buku itu sendiri. Kisah-kisah mereka menjadi sebuah inspirasi saya dalam menjalani kehidupan.
 

5. Memperoleh Suatu Kekuatan

Hah..? Kekuatan? Ya, benar. Setiap buku memiliki suatu kekuatan (power) tersendiri di dalamnya dan cara untuk mendapatkan kekuatan itu adalah dengan membukanya lalu membacanya. Setiap saya selesai membaca satu buku, saya merasa ada suatu “kekuatan” yang saya dapatkan dari buku tersebut.
 
Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.
– Mohammad Hatta
 

Jadi… apakah kamu suka membaca buku? Saya pikir kamu juga harus rajin membaca buku, sebab banyak sekali orang-orang sukses yang sangat berpengaruh pada dunia dan mayoritas dari mereka memiliki kebiasaan (habit) membaca buku. Ingatlah pesan saya! Mulailah rajin membaca buku karena buku mampu mengubah pandanganmu dan mampu membuka pikiranmu.

0 Komentar