Pengertian Mesin 4 Tak dan Cara Kerja

by - April 28, 2023

Mesin 4 Tak adalah mesin yang dalam 1 siklus pembakarannya akan mengalami 4 kali langkah piston, 2 kali putaran crankshaft, dan menghasilkan 1 kali langkah usaha. Langkah piston tersebut meliputi langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha, dan langkah buang.
 



Cara Kerja Mesin 4 Tak

1. Langkah Hisap (TMA ke TMB)

Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup intake terbuka dan posisi katup exhaust tertutup. Karena terjadi kevakuman pada silinder, maka campuran bahan bakar dan udara terhisap masuk ke dalam ruang bakar.
 

2. Langkah Kompresi (TMB ke TMA)

Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup intake dan katup exhaust tertutup. Karena kedua katup tertutup sedangkan piston bergerak naik menekan campuran bahan bakar dan udara sehingga mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara tersebut terkompresi.
 
Beberapa saat sebelum piston mencapai TMA, busi pada mesin bensin akan memberi percikan api sedangkan nozzle pada mesin diesel akan menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar.
 

3. Langkah Usaha (TMA ke TMB)

Campuran bahan bakar dan udara yang telah terkompresi memiliki tingkat tekanan yang sangat tinggi dan suhu yang sangat tinggi di dalam ruang bakar. Lalu campuran bahan bakar dan udara tersebut terbakar sehingga mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB dan memberikan tenaga untuk memutarkan crankshaft.
 

4. Langkah Buang (TMB ke TMA)

Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup intake tertutup dan katup exhaust terbuka. Piston bergerak naik untuk mendorong gas sisa pembakaran menuju ke saluran pembuangan melalui katup exhaust yang sedang terbuka yang kemudian akan diteruskan ke lubang pembuangan.




Catatan :

- Dibuat pada 28 April 2023

0 Komentar