Pengertian Mesin 4 Tak dan Cara Kerja
Mesin 4 Tak adalah mesin yang dalam 1 siklus pembakarannya akan mengalami 4
kali langkah piston, 2 kali putaran crankshaft, dan menghasilkan 1 kali
langkah usaha. Langkah piston tersebut meliputi langkah hisap, langkah
kompresi, langkah usaha, dan langkah buang.
Cara Kerja Mesin 4 Tak
1. Langkah Hisap (TMA ke TMB)
Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup intake terbuka dan posisi katup
exhaust tertutup. Karena terjadi kevakuman pada silinder, maka campuran bahan
bakar dan udara terhisap masuk ke dalam ruang bakar.
2. Langkah Kompresi (TMB ke TMA)
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup intake dan katup exhaust
tertutup. Karena kedua katup tertutup sedangkan piston bergerak naik menekan
campuran bahan bakar dan udara sehingga mengakibatkan campuran bahan bakar dan
udara tersebut terkompresi.
Beberapa saat sebelum piston mencapai TMA, busi pada mesin bensin akan memberi
percikan api sedangkan nozzle pada mesin diesel akan menyemprotkan bahan bakar
ke ruang bakar.
3. Langkah Usaha (TMA ke TMB)
Campuran bahan bakar dan udara yang telah terkompresi memiliki tingkat tekanan
yang sangat tinggi dan suhu yang sangat tinggi di dalam ruang bakar. Lalu
campuran bahan bakar dan udara tersebut terbakar sehingga mengakibatkan piston
terdorong dari TMA ke TMB dan memberikan tenaga untuk memutarkan crankshaft.
4. Langkah Buang (TMB ke TMA)
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup intake tertutup dan katup
exhaust terbuka. Piston bergerak naik untuk mendorong gas sisa pembakaran
menuju ke saluran pembuangan melalui katup exhaust yang sedang terbuka yang
kemudian akan diteruskan ke lubang pembuangan.
Catatan :
- Dibuat pada 28 April 2023
0 Komentar