Pengertian Otomotif serta Ilmu Pengetahuannya

by - April 08, 2023

Otomotif (Automotive) atau Teknik Otomotif adalah salah satu cabang ilmu dari Teknik Mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat, dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, seperti sepeda motor, mobil, bis, dan truk. Teknik otomotif menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanis (mechanical), listrik (electrical), elektronik (electronics), keselamatan kerja (safety) serta matematika (mathematics), fisika (physics), kimia (chemical), biologi (biology), dan manajemen (management).
 

Cabang-cabang Teknik Otomotif

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan (Planning) adalah cabang dan pengertian otomotif yang menjelaskan tentang perencanaan produk dan desain kendaraan-kendaraan bermotor/bermesin. Seseorang akan mempelajari tentang produk-produk pabrik yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan di bidang transportasi.
 

2. Pengembangan (Development)

Pengembangan (Development) adalah cabang dan pengertian otomotif yang mempelajari tentang proses pengembangan dari produk-produk yang akan dibuat. Agar produk ini bisa terus meningkatkan laba industri otomotif. Pemikiran akan varian-varian kendaraan juga bagian dari proses pengembangan (developing), yakni menciptakan inovasi baru seiring berkembangnya teknologi. Proses pengembangan dibagi menjadi dua, yaitu pra-produksi dan pasca-produksi.
 

3. Produksi (Manufacture)

Produksi (Manufacture) adalah cabang dan pengertian otomotif yang mulai mengarahkan pada proses produksi dan implementasi dari perencanaan dan ide-ide pengembangan produk. Kegiatan pabrik-pabrik manukfatur atau perakitan kendaraan dan alat transportasi darat lainnya (seperti sepeda motor dan mobil) mulai memproduksi berbagai macam produk kendaraan sesuai dengan desain yang sudah direncanakan dan juga dikembangkan.
 

4. Pemeliharaan (Maintenance)

Pemeliharaan (Maintenance) adalah cabang dan pengertian otomotif yang mempelajari tentang bagaimana cara melakukan pemeliharaan dan perawatan pada kendaraan agar kendaraan tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Proses pemeliharaan (maintenance) tebagi menjadi dua macam, yaitu preventive maintenance dan corrective maintenance.
 

Materi-materi Teknik Otomotif

Ada banyak sekali materi-materi yang bisa dipelajari dalam ilmu otomotif. Mulai dari pengertian, bagian-bagian, sistem-sistem, cara kerja, komponen-komponen, sampai dengan teknologi-teknologinya. Berikut ini materi-materi utama pada teknik otomotif.
 

1. Pengetahuan Dasar Otomotif (Basic Automotive Knowledge)

Materi ini memuat tentang pengetahuan dasar dari ilmu otomotif seperti spesifikasi kendaraan, peralatan (tools) yang dibutuhkan dalam dunia otomotif, komponen-komponen pengikat (fastener), bahan bakar (fuel) dan bahan pelumasan (lubrication), keselamatan (safety), sampai dengan dasar-dasar kelistrikan.
 

2. Mesin (Engine)

Materi ini memuat tentang hal-hal yang yang berkaitan dengan mesin seperti macam-macam mesin kendaraan, pengertian,karakteristik, komponen-komponen, hingga cara kerja dari sistem-sistem yang terdapat pada mesin. Mesin adalah bagian pada sebuah kendaraan yang menjadi sumber tenaga penggerak yang membuat sebuah kendaraan mampu bergerak dan dapat digunakan untuk bertransportasi.
 

3. Pemindah Daya (Power Train)

Materi ini memuat tentang bagian-bagian yang beperan dalam menyalurkan tenaga yang dihasilkan dari mesin (engine) pada kendaraan. Sistem pemindah daya memiliki bagian-bagian tersendiri yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin menuju ke roda-roda kendaraan.
 

4. Sasis (Chassis)

Materi ini memuat tentang bagian-bagian yang berperan untuk menyangga tubuh (body) kendaraan. Sasis (chassis) juga berfungsi sebagai penyerap atau peredam kejutan dari roda yang disebabkan dari kondisi jalanan sehingga kejutan yang berasal dari roda tidak diteruskan ke tubuh (body) kendaraan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pengguna kendaraan yaitu pengemudi maupun penumpang.
 

5. Kelistrikan (Electrical)

Materi ini memuat tentang hal-hal pada kendaraan yang bersifat kelistrikan (electrical) seperti rangkaian listrik (wiring diagram), komponen-komponen pada kelistrikan kendaraan, serta sistem-sistem pada kendaraan yang membutuhkan energi listrik agar berfungsi dengan baik seperti sistem penerangan (lighting system) pada kendaraan.
 

6. Air Conditioner (AC)

Materi ini memuat tentang hal-hal yang berkaitan dengan Air Conditioner (AC) yaitu sebuah sistem yang berfungsi untuk menjaga kondisi udara dalam suatu ruangan agar suhu (temperature), kelembaban (humidity), kejernihan (purity), dan sirkulasi udara dalam ruangan pada kendaraan dapat terjaga.
 

7. Teknologi (Technology)

Materi ini memuat tentang teknologi-teknologi yang telah diterapkan dan digunakan pada kendaraan.
 
 
 

Catatan :

- Dibuat pada 08 April 2023

0 Komentar